Tutorial Glow Effect Photoshop


Dalam tutorial ini, kita akan membuat desain glow effect (efek cahaya) yang benar-benar tampak tajam menggunakan kombinasi layer style, Pen Tool dan Color Blending. Efek akhirnya yang cukup menakjubkan dan mudah-mudahan Anda akan mempelajari beberapa tips yang tidak tahu sebelumnya.

Langkah 1
Kita mulai dengan radial gradient. warna yang satu ini cukup gelap dengan warna coklat kemerahan hingga hitam. Berikut adalah kode warnanya :

Foreground color - #922f00
Background color - #000000



Langkah 2
Dalam tutorial ini, kita buat pusat warna, caranya adalah duplikat layer sebelumnya dan atur warna dengan menu blending mode Color Dodge. Ada beberapa jenis blending mode, darkening ones, lightening ones, colorizing ones and inverting ones.. Color Dodge mungkin yang tertajam dari lightening ones. Seperti yang kamu lihat gambar dibawah ini, menghasilkan sebuah pusat warna.



Langkah 3
Sekarang di Glow Effect, hal ini membantu untuk memiliki background bertekstur bagus. Jadi kita akan membuat semacam asap tebal. Caranya adalah, buatlah layer baru, maka pastikan Anda memiliki warna putih untuk background (Kode : #ffffff), dan hitam (Kode : # 000000) untuk foregrounnya.

Pilih menu Filter> Render> Clouds. Ini akan menghasilkan pola awan acak.



Langkah 4
Sekarang ubah Layer Blending ke Overlay kemudian atur Transparancy nya menjadi 30%, dalam hal ini ukuran tersebut sudah cukup akan tetapi kamu bisa menambahkan nya sesuai dengan kebutuhan dan selera masing- masing.
Kemudian pilih menu filter > Sketch > Chrome dan gunakan pengaturan 4 dan 7 untuk Detail dan Kehalusan nya. sebenar nya kamu bisa bermain dengan ini tapi menurut saya dengan menggunakan pengaturan default pun saya rasa sudah cukup.
Setelah selesai, Maka hasil nya akan terlihat sepeti Gambar di bawah ini :




Langkah 5
Pada langkah ini, kita membutuhkan sesuatu yang akan bersinar (Glow), untuk membuatnya adalah dengan menggunakan Pens Tool (P). cara nya adalah Buat Layer baru kemudian tarik sebuah garis Menggunakan Pen Tool tadi, kemudian lepas. maka kamu akan melihat sebuah Garis lurus, selanjut nya tarik lagi garis yang lain pada posisi yang berbeda sehingga akan terbentuk sebuah garis melengkung yang saling berhubungan.lakukan hal tersebut sebanyak tiga kali, untuk bentuk nya terserah selera kamu. sebagai gambaran nya lihat contoh di bawah ini :



Langkah 6
Stop sampai disini dulu, sekarang kamu beralih ke Brush (B),gunakan Brush yang memiliki sisi halusdan tipis , ganti warna menjadi Putih (#ffffff), kemudian ikuti pengaturan seperti di bawah ini.



Langkah 7
Kembali ke Pen Tool, Klik kanan Pada garis Melengkung yang sudah kamu buat tadi kemudian pilih Stroke Path, ganti Pencil ke Brush dan terakhir beri tanda centang pada Simulate Pressure.



Langkah 8
Setelah selesai, maka kamu akan dapatkan sebuah gambaran seperti ini.(jika garis yang kamu miliki terlalu tebal, kamu bisa ulangi langkah di atas untuk mendapatkan hasil yang sesuai) :



Langkah 9
Setelah kita selesai dengan tahap di atas, waktu nya membuat garis tersebut bersinar, cara nya adalah menggunakan Blending Option.
Klik kanan pada layer lalu akan muncul Jendela pengaturan layer.dalam hal ini kita menggunakan Drop Shadow,Outer Glow, dan Colour Overlay. untuk pengaturan nya, kamu bisa lihat gambar di bawah ini :



Langkah 10
Hasil dari Blending Option di atas akan seperti ini :




Langkah 11
Pada Langkah 11 ini, kita sengaja tidak menampilkan Tahap-tahap pembuatan Garis yang lain karna itu tergantung selera kamu masing-masng, tapi layer syle yang sudah kamu buat dengan Blending Option tadi bisa kamu Copy kemudian di terapkan pada Garis yang lain sehingga menghemat waktu kamu. Maka hasil nya akan seperti ini :




Langkah 12
Sekarang kita akan menambahkan Teks Untuk Gambar kita. tentu saja Karakter Teks dan Garis harus sesuai dan sama sehingga menciptakan sebuah cahaya yang Indah dan Luar biasa. cara nya adalah seperti yang kami jelaskan pada langkah 11 tadi yaitu, Copy Layer style yang sudah kamu buat menggunakan Blending Option tadi lalu terapkan pada Teks kamu. sangat penting untuk kamu yang baru belajar mengikuti tutorial ini untuk menggunakan Teks simple untuk mempermudah kamu dalam proses selanjut nya, Setelah kamu selesai maka hasil nya akan seperti ini :




Langkah 13
Sekarang untuk Menambahkan beberapa partikel dan Elemen baru pada Gambar kamu, alangkah baik nya kita membuat sedikit Variasi yaitu dengan cara buat layer baru, kemudian buat lah titik kecil di antara pusat cahaya menggunakan Brush halus dengan diameter sangat kecil sehingga akan menimbulkan kesan Titik tersebut muncul dari belakang sumber cahaya :




Langkah 14
Sampai disini saja sudah terlihat cukup Cool dan Keren, tapi tunggu dulu, sebagai sentuhan terakhir kita akan menambah gradasi warna yang berbeda pada tutorial kali ini.cara nya yaitu buat Layer baru, kemudian dengan menggunakan Brush Tool,Pilih warna biru kemudian tempatkan di salah satu sudut gambar (anda bisa mengulang langkah ini dengan variasi warna yang berbeda-beda seperti gambar berikut :




Langkah 15
Ubah Layer style menjadi 'Colour dan ubah Opacity menjadi 50%.



Maka hasil nya akan seperti ini :


Lebih baru Lebih lama