Laporan Arus Kas - Metode Langsung

Contoh laporan arus kas metode langsung

Penjelasan Laporan Arus Kas (Metode Langsung)
Salah satu analisis keuangan yang sangat penting bagi manajer keuangan, disamping alat keuangan lainnya adalah laporan arus kas. Yang dimaksud dari analisis ini adalah untuk mengetahui bagaimana akan digunakan dan bagaimana kebutuhan dana tersebut akan dibelanjakan. Analisis arus kas tersebut dapat diketahui darimana diperoleh dan untuk apa dana tersebut digunakan. Suatu laporan yang menggambarkan darimana diperoleh dan untuk apa kas tersebut digunakan, seiring disebut sebagai laporan arus kas.

Laporan arus kas secara langsung mencerminkan penerimaan kas entitas yang diklasifikasikan menurut sumber-sumber utama dan pembayaran kas yang diklasifikasikan menurut pengguna utama selama satu periode. Laporan ini memberikan informasi yang berguna mengenai aktivitas entitas dalam menghasilkan kas mengenai aktivitas keuangannya dan mengenai investasi atau pengeluaran kasnya.

Dalam Metode Langsung dilaporkan golongan penerimaan kas bruto dari aktivitas operasi dan pengeluaran kas bruto untuk kegiatan operasi. Perbedaan antara penerimaan kas dan pengeluaran kas dari kegiatan operasi akan dilaporkan sebagai arus kas bersih dari aktivitas operasi. Dengan kata lain, metode langsung mengurangkan pengeluaran kas operasi dari penerimaan kas operasi. Metode langsung menghasilkan penyajian laporan penerimaan dan pengeluaran kas secara ringkas.

Dalam Metode Langsung laporan arus kas juga melaporkan arus kas bersih dari investasi operasi sebagai golongan utama dari penerimaan kas operasi (misalnya: kas yang diterima dari pelanggan dan kas yang diterima dari bunga dan deviden) dan pengeluaran kas (misalnya : kas yang dibayarkan kepada pemasok untuk barang, kepada karyawan untuk jasa, kepada kreditur untuk bunga dan ke instansi pemerintah untuk pajak).

Keunggulan utama dari metode langsung adalah metode ini memperlihatkan laporan penerimaan dan pengeluaran kas lebih konsisten dengan tujuan suatu laporan arus kas. Disamping itu, metode langsung ini lebih mudah dimengerti dan memberikan informasi yang lebih banyak dalam mengambil keputusan.
Dengan metode langsung informasi mengenai kelompok utama penerimaan kas bruto dan pengeluaran kas bruto dapat diperoleh dengan:
a.Adanya catatan akuntansi perusahaan.
b.Menyesuaikan penjualan, beban pokok penjualan dan pos-pos lain dalam laporan laba rugi mengenai :
  1. Perubahan persediaan, piutang usaha dan hutang dagang selama periode berjalan.
  2. Pos bukan kas lainnya.
  3. Pos lainnya yang berkaitan dengan arus kas investasi dan pendanaan.


Cara membuat laporan arus kas metode langsung baik itu laporan arus kas perusahaan dagang ataupun perusahaan jasa adalah dengan mengurutkan secara sistematis daftar pos-pos di laporan laba-rugi dan menghitung berapa banyak kas yang terkait dengan setiap pos.

Contoh perhitungan laporan arus kas metode langsung

Penjualan dan kas yang diterima dari pelanggan.
Saldo awal piutang usaha dan penjualan selama setahun menimbulkan tagihan yang potensial dari pelanggan. Saldo akhir piutang usaha mewakili piutang-piutang yang belum tertagih. Maka kas yang diterima dari pelanggan dihitung sebagai berikut :

Perhatikan bahwa cara yang lebih cepat adalah dengan menyesuaikan angka penjualan sebesar $150 dengan $20 perubahan dalam piutang usaha. Pertanyaannya apakah ditambah atau dikurang dengan $20 ?  kenaikan dalam piutang usaha berarti mengurangi kas, maka $20 kenaikan piutang dikurangkan dari $150 yaitu $150-$20=$130.

Harga pokok penjualan dan kas dibayar untuk persediaan.
Saldo akhir persediaan dan total harga pokok penjualan selama setahun, menggambarkan jumlah total persediaan yang telah dibeli sebelumnya oleh perusahaan. Saldo awal persediaan menggambarkan persediaan yang dibeli pada tahun-tahun sebelumnya. Maka persediaan yang dibeli pada tahun ini dapat dihitung sebagai berikut :

Cara lainnya, sesuaikanlah harga pokok penjualan $80 dengan $25 perubahan dalam persediaan. Apakah ditambah atau dikurang dengan $25? Penurunan pada jumlah persediaan pada tahun tersebut berarti perusahaan lebih banyak menjual dari pada membeli persediaan, maka penurunan nilai persediaan dikurangkan dari harga poko penjualan yaitu $80-$25=$55.

Beban gaji dan kas yang dibayarkan untuk gaji.
Saldo awal hutang gaji, bersama dengan beban gaji tahun tersebut merupakan kewajiban total kepada karyawan. saldo akhir hutang gaji menunjukkan jumlah kewajiban yang belum dibayar. Maka kas yang dibayarkan untuk gaji kepada karyawan dapat di hitung sebagai berikut :

Jumlah tersebut juga dapat dihitung dengan mengurangkan $3 tambahan hutang gaji dari $25 beban gaji. Dikurangkan karena bertambahnya hutang gaji yang belum dibayar dengan kas selama tahun tersebut.

Beban Penyusutan.
Ada pertanyaan jebakan, ”Berapa banyakkah kas yang dibayarkan untuk penyusutan ?” Jawabannya tidak ada karena penyusutan adalah beban non kas.

Bagian aktivitas operasi dari laporan arus kas Lintas Company dengan menggunakan metode langsung adalah sebagai berikut :

Tag : Materi Laporan Arus Kas Metode Langsung, Download Laporan Arus Kas Metode Langsung, Materi Laporan Arus Kas Metode Langsung Beserta Contohnya, Materi Laporan Arus Kas Metode Langsung Dengan Gambar, Download Lengkap Materi Laporan Arus Kas Metode Langsung, Materi Laporan Arus Kas Metode Langsung Pengantar Akuntansi 2.

1 Komentar

  1. Kenapa kenaikan piutang usaha berarti mengurangi kas?

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama