Mengidentifikasi Multimedia Communication

Multimedia adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio, cetak, dan internet,untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaiment, news, education, dll.

Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara 2 orang atau lebih sehingga pesan tersebut dapat difahami. (Kamus besar bahasa Indonesia 2005). Sedangkan seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa Istilah multimedia menurut terminology ICT, Multimedia merupakan kombinasi teks, seni, animasi, gambar dengan dilengkapi audio video yang di komunikasikan /disampaikan baik melalui computer atau peralatan manipulasi elektronik dan digital lain (Vaughan, 2006). Dari defenisi diatas sebenarnya dalam multimedia juga sudah mengandung makna komunikasi.

Dalam kategori ini media yang digunakan adalah : 
  1. TV
  2. Radio
  3. Film
  4. Cetak
  5. Musik
  6. Game
  7. Entertaiment
  8. Tutorial
  9. ICT (Internet)



1.TV (Televisi)
Sangat berperan dalam perkem-bangan multimedia dan juga sebagai sarana penyampai hasil produk multimedia yang beragam baik beru-pa : Teks, grafis, animasi, audio, dan video.Penyampaian informasi melalaui televisi sangat efektip dan meluas karena selain dengan tampi-lan yang multi juga sudah tersebar ke seluruh perlosok negeri.

2.Radio.
Adalah media komunikasi yang menggunakan full audio, dengan penataan kalimat yang singkat, jelas dipoles dengan suara yang sesuai dengan pesan yang disapaikan dengan background musik yang matcing (sesuai) akan membawa pendengar seakan terlibat seakan berada dalam lingkungannya terutama akan menyimak apa yang disampaikannya. Suara merdu, belum tentu cocok dalam penyam-paian pesan begitu juga music yang lembut belum tentu pas untuk mengiringi suatu pesan dalam hal ini dibutuhkan suatu talenta.

3.Film
Hampir sama dengan fungsi TV, namun pada film kelebihannya dapat di  kemas berupa CD, Pita, dan bentuk memory penyimpan lainnya. Sehingga dapat dinikmati ataupun dijalankan oleh perangkat laian seperti computer, diputar di bioskop, studio film.

4.Cetak
Adalah media yang tidak sedikit juga di manfaatkan seperti brosur, surat kabar pamflet, majalah walaupun bisa melalui media internet namun cetak banyak juga penggunananya, Multimedia pada media ini dibuat dua dimensi, Penyajian teks apabila ditata yang baik seakan bersuara begitupun dimensi apabila didisain dengan indah seakan hidup.

5.Musik
Keterampilan pemusik banyak mengilhami pembuatan multimedia apa-kah musik yang menjadi obyek atau music yang menjadi penghias dari pesan yang disampaikan, iringan musik yang disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan akan dipengaruhi oleh selera pembuat dan karakter pesan yang disampaikan pesan sehingga dapat mem-pengaruhi suasan pengguna. Suara dapat digunakan untuk menyam-paikan informasi di beberapa tempat tertentu. Hal itu mungkin berarti menggunakan suara secara lang-sung untuk mengkomunikasikan informasi suara atau dalam arti lain menggunakan musik atau efek suara untuk mendukung atau memperkaya informasi yang disampaikan. Kita memerlukan suatu bahasa yang lebih canggih selama pembicaraan me-ngenai pengeluaran suara, namun, karena tanpanya, persediaan suara akan terus melakukan status yang jauh lebih rendah dalam peren-canaan unsur visual tersebut dalam suatu desain.
Pengeluaran kualitas suara harus diperhatikan seperti kualitas grafik, mengingat bahwa pengguna biasa-nya memanfaatkan audio kualitas-CD untuk kegiatan mendengarkan di rumah mereka. Seringkali program dibiarkan memiliki kualitas suara yang buruk.
Tentu saja, perubahan dalam kualitas suara adalah ukuran file: lebih besar kualitas suara yang dimainkan, lebih besar pula ukuran filenya, dan lebih rendah dari ini dapat disimpan dalam media penyimpanan berkapasitas terbatas seperti sebuah CD-ROM. Dan, tentu saja, memilih suara mono daripada stereo membagi ukuran file

6.Game
Dewasa ini industri game sangat maju, sangat berkembang pesat baik yang bersifat pendidikan atupun komersil, dalam pembuatan game inipun penuh dengan pemakaian –pemakaain semua jenis konten produk, keteramplilan pembuat untuk memodifikasi dan mencapur beberapa konten produk yang sesuai. Banyak permainan kini terdapat dalam bentuk CDROM dan mengandungi elemen-elemen grafik, animasi, audio dan  video. Bentuk permainan yang ganas dan tidak berfaedah perlu dibendung.
Kini terdapat juga permainan yang mempunyai unsur-unsur pendidikan

7.Entertaiment (hiburan)
Teknologi multimedia juga banyak digunakan dalam bidang hiburan.
Banyak permainan kini terdapat dalam bentuk CDROM dan mengandung elemen-elemen grafik, animasi, audio dan  video. Namun a bentuk permainan yang ganas dan tidak berfaedah perlu dibendung.
Kini terdapat juga permainan yang mempunyai unsur-unsur pendidikan. Perkataan edutaiment dirujuk sebagai  education  dan  ntertaiment. Permainan serupa ini mengajar kita supaya membuat perancangan dengan teliti  dan  mengasah  otak  sambil berhibur. Video-on-demand merupakan satu lagi aplikasi multi-meida berupa  hiburan.
Pengguna boleh memilih Produk apa saja yang disimpan dalam per-pustakaan. Produk – produk itu dapat menontonnya pada masa yang dikehendaki.
Pelanggan boleh mendapatkan apa-apa saja mengikut cita rasa masing-masing asalakan yang ada dalam server.


8.Tutorial
Semua orang saat itu dituntut untuk mandiri karena banyak fasilitas  untuk berkerja seperti itu, ini tidak lepas dari hasil perkembangan multimedia. Banyak Cd tutorial untuk menguasai suatu keterampilan tertentu terutama di lingkungan pendidikan Dilengkapi juga dengan penyelesaian suatu permasalah  dan apabila masih belum tejawabkan bisa langgsung berinteraksi melalui internet.

9.Information Comunication Technologi  (Internet)
Internet berawal dari sebuah jaringan penelitian yang didanai oleh departemen keamanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Pada tahun 1989 National science foundation mengambil alih managemennya, dan oragnisasi-organisasi penelitian serta universitas-universitas (seperti para professor dan mahasiswanya). Menjadi pecandu berat dari perkembangan internet ini Jika komputer terkoneksi dengan jaringan misalnya yang ada dikantor dan disekolah, kemungkinan computer sudah terkoneksi dengan internet. Bagi banyak pengguna internet berarti Word Wide Web, tetapi web sebenarnya hanyalah layanan yang terakhir dan terpopuler saat ini di internet. Email, transfer file, kelompok diskusi dan newsgroup, real time chatting, dengan teks, suara dan video, dan kemampuan untuk masuk ke dalam computer remote merupakan hal yang sudah biasa. Untuk berkerja dengan multimedia di internet, harus bekerja didalam ketentuan protocol yang sesuai, dengan menggunakan dokumen format yang  format yang dapat dikenali. multimedia secara khusus disimpan dan di transmisikan pada internet dalam format MIME-type (Multipurpose Internet Mailm Ekstension). Multimedia secara khusus disimpan dan di transmisikan pada internet dalam format MIME-type yang sesuai dan diberi nama dengan extensi yang tepat untuk type tersebut, sebagai contoh, file-file animasi shockware flash menjadi.swf, file image menjadi .jdg, .jpeg, gif atau .png, file-file suata menjadi .au, .wav, .aif, .mp3 atau format lain ayng sesuai, klip-klip video menjadi .qt atau .mov


Lebih baru Lebih lama